Profesi bidang IT dan Profesionalisme

     Pada pertemuan mata kuliah etika profesi tanggal 4 september 2023 di Universitas Jember, Kami membahas tentang Profesi di bidang IT dan Profesionalisme materi ini meliputi tentang profesi dan profesional, Profesionalisme, Ciri-ciri Profesionalisme di bidang TI, dan Jenis profesi di bidang TI. Materi ini di sampaikan oleh Ibu Katarina sebagai pemateri pada pertemuan tersebut.


Profesi dan Profesional

   Profesi berasal dari bahasa Inggris dengan kata “profession” artinya mampu atau ahli dalam pekerjaan tertentu. Pekerjaan tersebut tentu membutuhkan pendidikan tinggi, biasanya meliputi pekerjaan mental dan ditunjang oleh kepribadian dan sikap profesional. 

  • Profesi adalah panggilan/sebutan yang membutuhkan keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang dan intensif (George Reynolds, 2014)
  • The United States Code of Federal Regulations (The US CFR) mendefinisikan seorang "professional employee" adalah orang yang terlibat dalam pekerjaan dimana:

   Membutuhkan pengetahuan advance di bidang sains yang biasanya diperoleh melalui kursus intelektual khusus dan pendidikan di institusi pendidikan tinggi atau rumah sakit Mensyaratkan melaksanakan kebijakan/aturan dan penilaian atas kinerjanya Didominasi karakter intelektual. 

    Profesional memiliki arti bersangkutan dengan profesi Jika dilihat dari kata sifat. Tetapi, arti profesional ini juga bisa dijelaskan sebagai kepandaian khusus untuk menjalankannya. Profesional merupakan seperangkat praktik, etika, dan perilaku yang harus dipatuhi oleh anggota kelompok profesional tertentu. Serangkaian standar tersebut seringkali disetujui oleh badan pengatur yang mewakili kepentingan grup.

  • Menurut KBBI, Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang professional
  • Profesionalisme adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dan juga komitmen dari para anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan dari seorang karyawan.
  • Profesionalisme juga bisa merupakan perpaduan antara kompetensi dan karakter yang menunjukkan adanya tanggung jawab moral.

Ciri-ciri Profesionalisme di Bidang TI

  • Mempunyai ketrampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang IT
  • Mempunyai ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
  • Mempunyai sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya
  • Mempunyai sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain.

Jenis Profesi di Bidang TI

  1. Software Engineering
  2. IT Engineer
  3. IT Operations
  4. Data & Busines
  5. IT Management
Mungkin itu yang bisa saya rangkum dari pertemuan ke 3 sekian dan terima kasih

 

Komentar